HASIL CETAK ACAK

Hai Sahabat Laysander…

Kali ini saya akan membagikan trik memperbaiki hasil cetak terlihat acak pada saat print.

Problem yang terjadi pada mesin digital printing terkadang timbul setelah mesin dalam usia yang sudah diatas satu tahun, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada mesin yang usia nya dibawah satu tahun karena cuaca pada daerah tertentu yang extrim..

Problem yang terjadi bisa dilihat pada video berikut :

Dalam hal ini problem yang terjadi adalah Data gambar yang dikirim oleh software tidak diterima dengan sempurna oleh printhead, sehingga hasil cetak atau proses cetak tidak berhasil dengan baik. Oleh karena itu kita harus memperhatikan dan mencari tau proses data yang seharusnya dikirmkan oleh mainboard sampai ke printhead tanpa ada hambatan. Karena proses pengiriman data dimulai dari software maka urutan penyusuran problem tersebut bisa kita mulai dari :

1. Software

Lakukan Penggantian Software karena di khawatirkan perintah yang dikirimoleh software terganggu oleh virus komputer .

2. Mainboard

Periksa Mainboard apakah dalam kondisi normal, bersihkan mainboard dari debu yang membuat komponen mainboard mejadi panas. Lepas Kabel Fiber Optic yang terpasang pada socket fiber Optic pada mainboard, bersihkan apabila terlihat kotor karena debu yang menghalangi koneksi kabel tersebut.

3. Fiber Optic

Periksa kabel fiber optic apakah dalam kondisi baik?. Kabel Fiber optic bergerak mengikuti pergerakan printhead sehingga dalam waktu tertentu kabel tersebut bisa getas atau putus. Cara mengetahui fiber optic dalam keadaan baik ataukah sudah putus dapat dilakukan dengan cara memberi cahaya degan senter pada satu sisi ( kiri ) kemudian lihat cahaya dari ujung kanan, Jika kabel fiber optic terlihat cahaya pada ujung kanan maka kabel fiber optic masih dalam keadaan baik, lakukan pengecekan untuk semua kabel fiber optic.

4. Carriage Board

Carriage Board bisa menjadi kemungkinan penyebab broblem tersebut dimana koneksi kabel fiber optic tidak diterima dengan baik karena ada kerusakan pada bagian socket fiber optic pada carriage board.

Nah sahabat laysander, sekarang anda bisa memahami bagaimana cara memperbaiki problem yang terjadi apabila terjadi pada mesin anda.

Leave a Comment

× Apa yang bisa dibantu?