Apa Itu CMYK?

Familiar dengan istilah CMYK (adalah singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow-kuning, dan warna utamanya (Key/ Black-hitam)? Ya, mode warna CMYK ini merupakan bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam mencetak di mesin digital printing Anda. Di samping itu, ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda fungsi dan tempatnya, tinta untuk proses mencetak biasanya diatur berdasarkan urutan warna dari singkatan tersebut.

Model ini, baik sebagian ataupun keseluruhan, biasanya ditimpakan dalam gambar dengan warna latar putih. Warna ini dipilih, karena ia dapat menyerap panjang struktur cahaya tertentu. Model seperti ini sering dikenal dengan nama “subtractive”, karena warna-warnanya mengurangi warna terang dari warna putih.

Kain yang dicetak menggunakan mode warna CMYK
Tahukah kamu, kain yang dicetak menggunakan mode warna CMYK?

Dalam mode warna lain seperti RGB (Red, Green, Blue), warna putih menjadi warna tambahan dari kombinasi warna utama. Sedangkan, warna hitam dapat terjadi tanpa adanya suatu cahaya. Dalam model CMYK, berlaku sebaliknya, warna putih menjadi warna natural dari kertas atau warna latar. Sedangkan, warna hitam adalah warna kombinasi dari warna-warna utama. Awalnya, warna hitam ini khusus dibuat untuk menggantikan kombinasi dari tiga warna lainnya. Karena kalau harus terus mencampur tiga warna lainnya, tentu biayanya akan lebih banyak, dan hasilnya tidak bisa terlalu pekat.

Jadi, kalau mau cetak lebih baik pakai mode warna apa?

Nah, mode warna CMYK ini adalah yang paling pas digunakan jika kamu ingin mencetak dengan hasil terbaik. Karena singkatnya, mode warna CMYK ini bertujuan untuk hasil cetak, dan mode warna RGB untuk gambar digital. Jadi kalau kamu pernah bertanya, mengapa hasil cetakan berbeda warnanya dengan di monitor, bisa jadi ini sebabnya. Mode warna pada design-mu masih RGB, padahal mau dicetak. Jadi, jangan lupa diubah ya!

Kalau kamu masih bingung dengan mode warna CMYK, atau pun cara mengatur mode warna tepat, tenang! Kami siap membantu memberikan solusi terbaik untuk mesin printing kain milikmu. Segera hubungi kami di 021-53161450 untuk bantuan teknis, atau konsultasi gratis tentang usaha printing kain. Kami tunggu ya!

Updated on July 21, 2021

Was this article helpful?

Leave a Comment

× Apa yang bisa dibantu?