1. Home
  2. Knowledge Base
  3. Apa Itu DPI, Alias Dots Per Inch dalam Digital Printing?

Apa Itu DPI, Alias Dots Per Inch dalam Digital Printing?

Hai Kawan Texco, bagaimana kabarnya? Kami harap semua dalam keadaan baik dan sehat ya! Terkait dengan dunia printing, tentu Anda tak asing lagi dengan istilah ‘DPI’, alias dots per inch kan? Ya, istilah ini erat kaitannya dengan printer dan teknologi yang digunakan, karena berhubungan dengan hasil cetakan. Jika diterjemahkan secara harafiah, dots per inch berarti kumpulan titik dalam satu inchi (2,54 cm). Titik-titik ini disusun dalam bentuk linear, dan hasilnya bisa terlihat pada cetakan sesudah jadi.

Nilai dari DPI ini berkorelasi secara tidak langsung dengan resolusi atau ketajaman gambar. Semakin banyak titik dalam satu inchi tersebut, hasilnya tentu akan semakin high-res, alias tajam. Kalau masih bingung, yuk kita bayangkan ada persegi berukuran 1×1 inchi, dan kita isi dengan titik-titik secara linear (garis lurus). Semakin sedikit titiknya, akan semakin banyak ruang kosong dalam persegi tersebut kan? Sebaliknya, semakin banyak titiknya, persegi tersebut akan semakin penuh. Ini sebabnya, gambar dengan titik atau dot yang semakin banyak menunjukkan kualitas gambar yang lebih baik. Agar lebih jelas, simak gambar berikut yuk.

Dot per inch
Gambaran dots per inch

Dari yang paling kiri, jumlah titik atau dot-nya hanya sedikit, sehingga gambar terlihat kurang jelas. Sampai ke paling kanan, gambar pun semakin jelas. Pertanyaannya, jadi lebih banyak dot pasti selalu lebih baik ya? Belum tentu!

Lebih banyak titik dalam konteks dots per inch belum tentu lebih baik!

Ya, ini kembali tergantung pada media di mana Anda mencetak design tersebut, dan kegunaannya. Jika dalam usaha printing kain Anda, DPI yang tinggi tentu penting untuk diterapkan dalam cetakan. Karena, pakaian akan dilihat dalam jarak dekat, sehingga akan langsung terlihat jika gambar kurang tajam. Ini bisa berbeda jika Anda memiliki usaha digital printing yang biasa mencetak spanduk atau baliho. Karena dipajangnya akan beberapa puluh meter dari jarak pandang mata, tentu gambar yang tak tajam tidak akan bisa dideteksi semudah itu.

Bagaimana, Kawan Texco, sudah lebih paham? Kalau masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk langsung menghubungi kami yaa! Salam sejahtera dan semangat selalu.

Updated on July 21, 2021

Was this article helpful?

Leave a Comment

× Apa yang bisa dibantu?