1. Home
  2. Knowledge Base
  3. Apa Itu Mode Warna RGB?

Apa Itu Mode Warna RGB?

RGB adalah suatu mode warna yang terdiri atas 3 warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue). Ketiganya kemudian ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam warna. Mode warna RGB merupakan mode warna yang bergantung kepada perangkat yang digunakan. Jadi, perangkat yang berbeda akan mengenali atau menghasilkan nilai RGB yang berbeda. Karena, elemen warna (seperti fosfor) berbeda antar pabrik, bahkan pada satu peranti setelah waktu yang lama.

Ilustrasi Mode Warna RGB
Ilustrasi Mode Warna RGB

Kelebihan mode warna ini adalah gambar mudah disalin atau dipindah ke alat lain tanpa harus diubah ke mode warna lain. Hal ini dikarenakan cukup banyak perangkat yang memakai mode warna ini. Mode warna satu ini sesuai jika Anda ingin mendesign dan mempublikasikannya hanya di ranah digital. Karena, ini adalah pilihan mode warna terbaik.

Jadi mana mode warna yang harus saya pilih?

Nah, mode warna RGB ini memiliki “kelemahan” karena tidak bisa dicetak sempurna dengan teknologi mesin digital printing. Karena hasil cetak dari berbagai mesin digital printing menggunakan mode warna CMYK, sehingga mode warna harus diubah terlebih dahulu.

Jadi, kalau Anda membuat design yang tujuannya memang untuk dicetak, hal ini penting untuk diingat ya! Pilihlah mode warna CMYK, agar hasil cetakan pun sesuai dengan warna pada layar. Seringkali ada yang bertanya, “kenapa warna cetakan berbeda dengan yang ada pada layar?” Tentu ini jawabannya ya, Kawan Texco. Layar laptop, komputer, atau perangkat menggunakan mode warna RGB, sementara yang dicetak dengan mode CMYK. Jangan lupa untuk ingatkan tim design atau operator di usaha printing kain milikmu ya, selamat mencoba!

Dengan pengaturan yang tepat, tentu proses produksi Anda akan lebih efektif dan efisien. Anda tidak perlu lagi mencoba berulang kali dan membuang bahan kalau ada cetakan yang gagal. Pahami caranya, lalu terapkan di mesin usaha printing kain milik Anda. Kalau masih bingung atau menemukan kesulitan dalam mengatur warna di mesin printing kain, tenang! Hubungi kami sekarang juga untuk bantuan teknis secara GRATIS!

sumber : Wikipedia

Updated on July 21, 2021

Was this article helpful?

Leave a Comment

× Apa yang bisa dibantu?