1. Home
  2. Knowledge Base
  3. Pengertian Raster Image Processing (RIP)

Pengertian Raster Image Processing (RIP)

Raster Image Processing adalah komponen yang digunakan dalam pencetakan sistem yang menghasilkan raster image juga dikenal sebagai bitmap. Bitmap seperti yang digunakan oleh tahap berikutnya dari sistem pencetakan untuk menghasilkan printer output. Awalnya nih, RIP adalah rak perangkat keras elektronik yang diterima di deskripsi halaman melalui beberapa antarmuka (misalnya RS-232 ) dan menghasilkan “hardware bitmap output” yang digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan setiap pixel pada perangkat output real-time seperti optik film recorder.

Tahapan Raster Image Processing

Interpretation

Ini adalah tahap dimana PDLs dijabarkan kedalam representasi internal pribadi setiap halaman. Sehingga keadaaan mesin saat ini hanya untuk satu halaman sekaligus. Setelah halaman telah output halaman dibuang dan siap untuk ke halaman berikutnya.

Rendering

Sebuah proses dimana representasi internal swasta berubah menjadi nada bitmap yang terus menerus. Perhatikan bahwa dalam RIP , interprestasi dan rendering sering dilakukan bersama-sama . Bahasa sederhana yang dirancang untuk bekerja pada hardware minimal,sehingga cenderung “directly drive” renderer.

Screening

Dalam rangka untuk mencetak,nada bitmap diubah menjadi halftone (pola titik). Dua metode skrining atau jenis Amplitude Modulation (AM) screening dan stokastik atau Frequency Modulation (FM) screening. Dalam screening AM, dot ukuran bervariasi tergantung pada objek nilai densitas-tone titik ditempatkan dalam kotak tetap. Dalam screening FM, dot ukuran tetap konstan dan titik-titik ditempatkan secara acak untuk membuat daerah gelap atau lebih terang dari gambar,dot penempatan justru dikendalikan oleh algoritma matematika yang canggih.

Terlepas dari penjelasan tersebut di atas, RIP atau proses ripping dikenal oleh para pemilik percetakan digital printing. Ini karena, design baru bisa dicetak oleh printer setelah di-ripping, alias diubah formatnya oleh Software RIP agar siap dicetak ya. Aplikasi untuk proses ripping ini pun beragam sesuai dengan mesin printing kain yang kalian gunakan. Tenang, aplikasi ini akan kalian dapatkan secara cuma-cuma pada saat pembelian mesin. Nah, kalau sampai hilang atau error, jangan ragu untuk langsung menghubungi supplier penjual mesin tersebut. Kalau kalian masih bingung soal hal ini, yuk jangan ragu untuk langsung hubungi kami!

Sumber : Wikipedia

Updated on July 21, 2021

Was this article helpful?

Leave a Comment

× Apa yang bisa dibantu?